recommended

Friday, April 6, 2018

Cara Mengatasi "Setup was Unable to Create a New System Partition" Tanpa Kehilangan Data


Selamat datang! kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial bagi anda yang pemula dalam instal lapot/PC yang kesulitan ketika muncul  "Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition. See the Setup log files for more information"  dalam pengisntal. Jika sebelumnya ada tutorial yang mengatakan kita akan kehilangan data agar laptop/Pc supayaa terinstal dengan metode bootable Windows dengan catatan kita kehilangan data D.

Namun kali ini, saya akan memberikan sebuah tutorial yang baru tanpa harus kehilangan data D anda. Hal ini sudah saya lakukan, sebelumnya saya juga alami nasib seperti ini saat instal laptop Acer, namun memang data D-nya hilang.

Oke, kembali lagi pada cara terbaru tanpa hilangkan data D anda. Simaknya caranya berikut ini:


  • Batalkan dulu instalnya dengan mengklik X sampai merestar kembali.
  • Ulangi masuk bios kembali setelah itu anda cari settingan sata ubah sata mode AHCI menjadi IDE atau IDE menjadi AHCI. letak tidak saya jelaskan di sini karna setiap bios berbeda. (biasanya terletak pada Setting F2, nanti cari-cari saja disana.)
  • Setelah itu Save dan exit atau tekan F10 silahkan coba ulangi instalnya seperti biasa.

Untuk cara yang kedua tanpa acaak-acak mode AHCI menjadi IDE atau sebaliknya.
  • Instal windows seperti biasa
  • Jika sudah sampai bagian partision Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition. See the Setup log files for more information" muncul, silahkan format lokal C yang menampung system.
  • Matikan laptop anda secara paksa, setelah itu, ulangi seperti biasa. Mungkin nanti ditengah-tengah anda instal, ada tulisan "Press any key to boot from CD or DVD" dan "remove disks or other media press any key to restart", silahkan tekan saja. Jika biasanya ada 2 kali perintah seperti ini, silahkan tekan ke-2 kalinya. Namun untuk yang terakhir, silahkan lakukan perlahan dan diam perintahnya.
Dalam cara ini, disk D anda memang kosong, namun disk D anda akan menjadi E, dan E akan anda akan menjadi F.

Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment