Profil: Mengulas Biodata Penyanyi "Minang" David Iztambul, Siapa Dia?

David Iztambul
Foto: trinbun

Untuk warga Sumatera Barat khususnya, siapa yang tidak mengenal David Iztambul? Pemuda yang berusia 29 tahun ini lagi digandrungi oleh masyarakat Sumatera Barat berkat lagu "Cinto Sapilin Tigo" yang digemari. Dari lagu itu David Iztambul mulai dikenal banyak orang. Namun tahukah anda siapa David Iztambul? Pria yang bernama lengkap Sri David Hendra sudah tidak asing lagi di kancah musik nasional. Ia tergabung dalam grup Iztambul Band yang beraliran (genre) musik pop Melayu.

Perlu diketahui juga, David dalam band-nya, juga pernah di gandeng Dewi Persik pada September 2014 lalu. Dalam kerja sama itu David berduet dengan Dewi Perssik (Depe) dalam singel yang berjudul Karena Kamu. Pengalaman pertama bekerja sama dengan Dewi Perssik diakui David membuat dirinya senang bercampur gugup.

Dari kecil, David mempunyai bakat yang bagus, karena bakat menyanyi yang dimilikinya, sejak kecil David sudah sering tampil pada berbagai acara hiburan di kampungnya, nagari Bungo Pasang, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan. Ia sering meraih prestasi sebagai juara di berbagai perlombaan lagu, festival musik, dan pagelaran seni di kampungnya tersebut. Pada masa berikutnya, ia pernah berperan sebagai kru bongkar pasang alat orgen dan sekaligus juga sebagai penyanyi orgen tunggal yang bermain musik dari kampung ke kampung di Sumatera Barat yang dijalaninya kadang hingga pagi.

Pada tahun 2006, kariernya meningkat dengan bergabung bersama Paragraf Band, sebuah band lokal di ibukota kabupaten Pesisir Selatan, Painan. Bersama teman-teman bandnya, David mulai mengeluarkan mini album akuistik yang berjudul Antara Kau dan Dia, Peri Kecil, dan Pujangga Cinta. Lagu mereka dengan suara David yang melankolis cukup mendapat sambutan sehingga sering diputar oleh berbagai stasiun radio di Sumatera Barat. Lagu mereka juga sempat masuk dalam album compilasi sixcoustix lintang 6 se-Sumatera Barat, serta diapresiasi pada beberapa iven yang disponsori oleh LA Lights, Jawara Chart Radio dan Minang TV Perfomance.

Setelah sekian lama, ia merasa kariernya tak begitu berkembang di Sumatera Barat. David kemudian memutuskan untuk hijrah ke Jakarta pada pertengahan tahun 2014. Di Jakarta ia memulai karier dengan menyanyi di berbagai cafe ataupun iven-iven kecil yang mengundang mereka. Bagi David, pengalaman tersebut menambah teman-teman baru sesama pemusik. Sampai suatu ketika, temannya, Zani, mengajak untuk ikut audisi di Iztambul Management.

Dalam audisi yang cukup ketat itu, David bersama Zani dan Alan lolos dan bergabung bersama Iztambul Band. Bersama David sebagai vokalis, Alan dan Zani berperan sebagai pemain bass dan drum pada band yang diwadahi oleh Iztambul Management pimpinan produser Swajie itu.

Nah, bagi dunsanak yang baaru mengenal lagu "Minang David Iztambul" agar mengaathui kalau David buakn pendatang baru di dunia tarik suaraa.

Demikian artikel ini, semoga bermamfaat untuk dunsanak dimaanaapun berada.

0 Comments