Begini Cara Memilih Smartphone Android Yang Baik, Berikut Ulasannya!


Saat ini smartphone Android memang banyak pilihan. Saking banyaknya, setiap vendor hampir semua mengeluarkan produk terbaru mereka seperti Advan, Vivo, Samsung, Sony, HTC, Xiomi, OPPO dan masih Banyak lain.

Namun saking banyaknya, tidak semua orang mampu memilih Smartphone yang cocok untuk kebutuhan mereka, terutama masalah budget (keuangan) yang mencukupi. Dewasa ini, orang memilih Smarphone paling banyak orang memakainya. Meskipun tak dipungkuri, tidak semua smartphone yang buming (banyak pemakai) itu memiliki kualitas bagus.

Untuk anda yang saat ini sangat bingung memilih Smartphone apa yang cocok, saya yang notabene bergelut dalam reparasi smartphone, akan memberikan sedikit tips untuk anda dalam mencari Smartphone Android. Sebagai berikut:

1. Jangan Tergiur harga murah, tapi spesifikasi katanya "Level Dewa" Hal ini banyak terjadi pada kita yang tergiur harga murah. Harga murah tegantung kualitas sparepart yang digunakan. Misalnya anda melihat iklan sebuah smartphone dengan harga murah tapi kamera 20.MP, secara anda menginginkannya, namun anda tidak akan tahu jika kualitas kamera 20MP sangat berbeda dengan 20MP smartphone merk terkenal. Disisi lain, anda juga melihat kekurangan yang lain seperti kualitas CPU yang rendah (lelet), RAM minim dan Kapasitas warna layar yang sedikit.

2. Perhatikan RAM

RAM memang dibutuhkan dalam setiap android, RAM yang besar memang mampu membuat speed Smartphone anda cepat meskipun anda instal aplikasi yang banyak, namun kapasitas RAM yang besar harus diikuti mesin, CPU dan Chipset yang baik, karena kalau semuanya tidak seimbang, dikwatirkan MMC cepat rusak. 

3. Hindari Smartphone Android Branding 

Untuk memanimalisir biaya produksi, kebanyakan distributor/brand tertentu banyak melakukan branding dan menanamkan aplikasi pada smartphone anda yang tidak bisa dihapus. Tujuan Brand smartphone tersebut hanya untuk mempromosikan aplikasi dengan perjanjian tertentu. Aplikasi bawaan (branding) yang terdapat dalam android anda tersebut sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan tapi tidak bisa di unistal. Pada suatu hari, aplikasi tersebut akan membuat dan memunculkan aplikasi yang notabene akan membuat android anda lelet.


Mungkin itu poin utama yang perlu anda perhatikan jika anda ingin membeli smartphone. Jika anda anda pertanyaan lain, silahkan coret-coret kolom komentar.

0 Comments