Dunsanak Pulang Kampuang? Mainlah Ka Solok, Ini Tempat Wisata Yang Patut Dunsanak Kunjungi!

Dunsanak Pulang Kampuang? Mainlah Ka Solok, Ini Tempat Wisata Yang Patut Dunsanak Kunjungi!


Musim mudik tahun 2017 sudah datang, bagi dunsanak yang ingin mudik dari perantauan, baik dari dari penjuru Indonesia bahkan international sekalipun.

Dalam catatan ini, saya akan mengajak dunsanak untuk jalan-jalan ke Kota Solok bahkan Kabupaten Solok jika sudah sampai di Ranah Minang nanti . Akhir-akhir ini, Solok Kota dan Kabupaten Solok sangat banyak memberikan pesona keindahan alam untuk destinasi wisata, baik untuk wisatawan dari luar Solok maupun untuk wisataan daerah Solok sendiri.

Nah, dari panjang lebar cerita nan mambuek panek bacarito, berikut saya berikan destinasinya:

1. Pasa Pabukoan ( Kota Solok )


Pasa Pabukoan memang wajib untuk dikunjungi jika dunsanak sampai di kampuang ketika masih suasana bulan Ramadhan. Pasa pabukoan ini buka setiap hari selama bulan Ramadhan. Di pasa Pabukoan ini anda akan menemukan macam-macam kuliner khas sumatera Barat yang mungkin tidak anda ketemui di perantauan. Harga makanan di Pasa pabukoan ini relatif murah, dan masalah rasa tidak kalah enaknya. Jika anda sampai di pasa pabukoan tersebut, siap-siap saja, anda akan ngiler melihat beragam masakan sampai lupa diri seakan ingin membeli semuanya.


2. Sawah Solok ( Kota Solok )


Pemerintah Kota Solok lagi gencar-gencarnya mempromosikan destinasi Wisata Sawah Solok ini. Pemandangan yang ini dan sawah yang luas, mata anda juga akan dimanjakan dengan keindahan Gunung Talang arah selatan dan Gunung Marapi sebelah utaranya. Di Sawah Solok ini juga banyak acara yang diadakan oleh Masyarakat Kota Solok, seperti Do'a Tolak Bala yang dilakukan akhir-akhir ini.

3. Puncak Gobah ( Aripan)



Ini tempat wisata yang masih baru, yaitu Puncak Gobah, Puncak Gobah atau yang biasa disebut Puncak Paralayang terletak Di Aripan. Dari Puncah Gobah, mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan Danau Singkarak serta Persawahan dari ketinggian. Puncak Gobah berada di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Dari Kota Solok kita cukup menempuh perjalanan sekitar lebih kurang 10 km. Untuk menuju ke tempat ini sangatlah mudah karena kondisi jalan yang lumayan bagus. Untuk fasilitasnya sendiri juga cukup lengkap seperti tersedianya bangku untuk bersantai

4. Rumah Pohon  Laing Park ( Laing-Solok )


Kali ini saya akan mengajak dunsanak mengunjungi sebuah tempat yang cocok untuk wisata keluarga di kota Solok. yakni Laing Park di kelurahan Laiang kota Solok Sumatera Barat. Untuk sampai ke Solok, kita hanya menempuh perjalanan 61 km dari kota Padang ibukota Sumatera Barat. Dari pusat kota Solok hanya menempuh perjalanan sejauh 5 km kita sudah di lokasi. Tidak sulit mencarinya, karena posisinya di pinggir jalan utama. Laing Park menawarkan suasana alam yang sejuk ditengah rimbunnya pepohonan yang telah ditata rapi. Rumah dibangun di atas pohon dan antar pohon disediakan jembatan kayu yang menantang nyali.  Untuk naik ke rumah disediakan tangga kayu.
Flying Fox tersedia bagi mereka yang punya nyali. Cukup hanya Rp 20.000, anda bisa mellntas di udara sejauh 150 m.  Ada permainan anak yang cukup menyenangkan bagi mereka yang punya balita. Selain di pondok2 kayu kita juga bisa istirahat di bawah pepohonan yang rindang.
Untuk makanan dan miniman ringan jangan risau. Pengembang telah menyediakan kafe untuk minum dan makan makan sambil menikmati keindahan alam.

5. Puncak Happy ( Solok )



Puncak happy sendiri diberikan oleh pemuda sekitar yang secara sukarela dan bersama-sama membersihkan semak-semak dan membuat jalan menuju ke lokasi. Konon kenapa namanya Puncak happy, Masyarakat sekitar beralasan karena jerih payah yang mereka lakukan mendatangkan perasaan senang bagi mereka terutama setelah melihat panorama alam puncak happy. Mungkin anda belum mengetahui banyak tentang tempat wisata ini. Tapi yakinlah, anda akan betah jika sudah berada disini.

6. Puncak Gagoan ( Paninggahan Solok )


Puncak Gagoan terletak di  Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat ini memiliki keindahan alam yang unik dengan batuan karangnya dan pemandangan alam serta pesona Danau Singkarak yang terletak tidak jauh dari puncak ini. Selain itu, kita akan dimanjakan oleh angin yang bertiup lumayan kencang dengan udaranya yang sangat sejuk. Karena bukit ini memang dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga keasriannya.

Puncak Gagoan memiliki jarak sekitar 20 Km dari pusat kota Solok, atau sekitar 78 Km jika kamu dari kota Padang. Untuk mencapai puncak gagoan kita bisa menggunakan roda empat maupun roda dua. Namun sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan untuk menuju ke puncak tergolong sempit untuk kendaraan roda empat. Untuk memulai perjalanan ke lokasi puncak, kita bisa masuk melalui pasar sumani dan perjalanan lebih kurang 7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Dikarenakan sebagian jalan masih berbatu, disarankan laju kendaraan kamu tidak terlalu cepat agar selamat sampai ke puncak. Di sepanjang perjalanan menuju ke puncak gagoan kamu akan dimanjakan oleh pemandangan rumput hijau yang menghiasi bukit gagoan.

Diskripsi:

Masih Banyak tempat wisata yang patut anda kunjungi, dan untuk kesempatan kali ini, saya hanya memberikan 6 saja. Selamat berlibur untuk dunsanak nan dikampuang. hati-hati dijalan.
Loading...

0 Response to "Dunsanak Pulang Kampuang? Mainlah Ka Solok, Ini Tempat Wisata Yang Patut Dunsanak Kunjungi!"

Post a Comment

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Link Banner

Iklan Bawah Artikel

loading...